Kurikulum
2013 (K-13)
Kurikulum 2013
khususnya untuk jenjang SMA/MA dirancang untuk memberikan kesempatan kepada
peserta didik belajar berdasarkan minat mereka. Struktur kurikulum
memperkenankan peserta didik melakukan pilihan dalam bentuk pilihan
Kelompok Peminatan, pilihan Lintas Minat,
dan/atau pilihan Pendalaman Minat. Kelompok Peminatan terdiri atas Peminatan Matematika
dan Sains, Peminatan Sosial, dan Peminatan Bahasa. Sejak kelas X peserta didik
sudah harus memilih kelompok peminatan yang akan dimasuki. Pemilihan peminatan
berdasarkan nilai rapor di SMP/MTs dan/atau nilai UN SMP/MTs
dan/atau rekomendasi guru BK di SMP/MTs
dan/atau hasil tes penempatan (placement test) ketika mendaftar di
SMA/MA dan/atau tes bakat minat oleh psikolog dan/atau rekomendasi guru BK di
SMA/MA.
Kelompok mata pelajaran
peminatan bertujuan antara lain: (a) untuk memberikan kesempatan kepada peserta
didik mengembangkan minatnya dalam sekelompok mata pelajaran sesuai dengan minat
keilmuannya di perguruan tinggi, dan (b) untuk mengembangkan minatnya terhadap suatu
disiplin ilmu atau keterampilan tertentu. Kelompok Mata Pelajaran Peminatan
terdiri atas 3 (tiga) kelompok, yaitu: Peminatan Matematika dan Sains,
Peminatan Sosial, dan Peminatan Bahasa. Berbeda dengan kurikulum sebelumnya,
dalam Kurikulum 2013 mata pelajaran Sosiologi masuk dalam kelompok mata
pelajaran peminatan. Artinya, jika sejak kelas X (di mana peserta didik memulai
pendidikan di tingkat SMA) tidak mengambil peminatan sosial, maka siswa
tersebut tidak akan mempelajari Sosiologi selama menempuh pendidikan di jenjang
SMA, karena Sosiologi termasuk dalam kelompok peminatan sosial. Dalam
kurikulum-kurikulum sebelumnya, Sosiologi termasuk dalam mata pelajaran wajib
untuk kelas X. Sedangkan untuk kelas XI dan XII, jika siswa memilih/ mengambil
program ilmu sosial, maka mereka sudah pasti akan mempelajari mata pelajaran
Sosiologi.
Penjelasan lebih lanjut
terkait struktur kurikulum SMA dapat diketahui dari Salinan Lampiran
Permendikbud RI Nomor 69 Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum
Sekolah Menengah Atas/ Madrasah Aliyah. Dalam dokumen tersebut disebutkan bahwa
Kurikulum 2013 bertujuan untuk mempersiapkan manusia Indonesia agar memiliki
kemampuan hidup sebagai pribadi dan warga negara yang beriman, produktif,
kreatif, inovatif, dan afektif serta mampu berkontribusi pada kehidupan
bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban dunia.
Struktur kurikulum
terdiri atas Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD). Kompetensi Inti (KI)
dirancang seiring dengan meningkatnya usia peserta didik pada kelas tertentu.
Melalui kompetensi inti, integrasi vertikal berbagai kompetensi dasar pada
kelas yang berbeda dapat dijaga. Sedangkan Kompetensi Dasar (KD) dirumuskan
untuk mencapai Kompetensi Inti (KI). Rumusan Kompetensi Dasar (KD) dikembangkan
dengan memperhatikan karakteristik peserta didik, kemampuan awal, serta ciri
dari suatu mata pelajaran. Kompetensi Dasar (KD) dibagi menjadi empat kelompok
sesuai dengan pengelompokkan Kompetensi Inti (KI) sebagai berikut:
a. kelompok
1: kelompok kompetensi dasar sikap spiritual dalam rangka menjabarkan KI-1
b. kelompok
2: kelompok kompetensi dasar sikap sosial dalam rangka menjabarkan KI-2
c. kelompok 3: kelompok kompetensi dasar pengetahuan
dalam rangka menjabarkan KI-3
d. kelompok
4: kelompok kompetensi dasar keterampilan
dalam rangka menjabarkan KI-4
Berikut akan dijabarkan
Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) mata pelajaran Sosiologi di SMA.
Tabel 3.
Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD)
Mata Pelajaran Sosiologi SMA Kurikulum 2013
Kelas X
Kompetensi
Inti
|
Kompetensi
Dasar
|
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran
agama yang dianutnya
|
1.1
Memperdalam nilai agama yang
dianutnya dan menghormati agama lain
|
2.
Menghayati dan mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama,
toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap
sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
2.1
Mensyukuri keberadaan diri dan
keberagaman sosial sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Kuasa
2.2
Merespon secara positif berbagai
gejala sosial di lingkungan sekitar
|
3.
Memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa
ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik esuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
|
3.1
Mendeskripsikan fungsi Sosiologi
dalam mengkaji berbagai gejala sosial
yang terjadi di masyarakat
3.2
Menerapkan konsep-konsep dasar
Sosiologi untuk memahami hubungan sosial antar individu, antara individu dan
kelompok serta antar kelompok
3.3
Menganalisis berbagai gejala
sosial dengan menggunakan konsep-konsep dasar Sosiologi untuk memahami
hubungan sosial di masyarakat
3.4
Menerapkan metode-metode penelitian
sosial untuk memahami berbagai gejala sosial
|
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji
dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan
|
4.1
Melakukan kajian, diskusi dan
menyimpulkan fungsi Sosiologi dalam memahami berbagai gejala sosial yang
terjadi di masyarakat
4.2
Melakukan kajian, diskusi, dan
menyimpulkan konsep-konsep dasar Sosiologi untuk memahami hubungan sosial
antar individu, antara individu dan kelompok serta antar kelompok
4.3
Melakukan kajian, diskusi dan
mengaitkan konsep-konsep dasar Sosiologi untuk mengenali berbagai gejala
sosial dalam memahami hubungan sosial di masyarakat
4.4
Menyusun rancangan, melaksanakan
dan menyusun laporan penelitian sederhana serta mengkomunikasikannya dalam
bentuk tulisan, lisan dan audio-visual
|
Kelas XI
Kompetensi
Inti
|
Kompetensi
Dasar
|
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran
agama yang dianutnya
|
1.1
Memperdalam nilai agama yang
dianutnya dan menghargai keberagaman agama dengan menjunjung tinggi keharmonisan
dalam kehidupan bermasyarakat
|
2.
Menghayati dan mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama,
toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap
sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
2.1 Menumbuhkan kesadaran individu untuk
memiliki tanggungjawab publik dalam ranah perbedaan sosial
2.2 Menunjukkan
sikap toleransi dan empati sosial terhadap perbedaan sosial
|
3.
Memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa
ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik esuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
|
3.1 Memahami tinjauan Sosiologi dalam mengkaji
pengelompokkan sosial dalam masyarakat
3.2 Mengidentifikasi berbagai permasalahan
sosial yang muncul dalam masyarakat
3.3 Memahami penerapan prinsip-prinsip
kesetaraan dalam menyikapi keberagaman untuk menciptakan kehidupan harmonis
dalam masyarakat
3.4 Menganalisis potensi-potensi terjadinya
konflik dan kekerasan dalam kehidupan masyarakat yang beragam serta
penyelesaiannya
3.5 Menerapkan metode penelitian sosial
berorientasi pada pemecahan masalah berkaitan dengan konflik, kekerasan dan
penyelesaiannya
|
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji
dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan
|
4.1 Melakukan kajian, pengamatan dan diskusi
tentang pengelompokkan sosial dengan menggunakan tinjauan Sosiologi
4.2 Melakukan kajian, pengamatan dan diskusi
mengenai permasalahan sosial yang muncul di masyarakat
4.3 Merumuskan strategi dalam menciptakan kehidupan
yang harmonis dalam masyarakat berdasar prinsip-prinsip kesetaraan
4.4 Melakukan kajian, pengamatan dan diskusi
tentang konflik dan kekerasan serta upaya penyelesaiannya
4.5 Merancang, melaksanakan dan menyusun
laporan penelitian sosial berorientasi pada pemecahan masalah berkaitan
dengan konflik, kekerasan dan penyelesaiannya serta mengkomunikasikannya
dalam bentuk tulisan, lisan dan audio-visual
|
Kelas XII
Kompetensi
Inti
|
Kompetensi
Dasar
|
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran
agama yang dianutnya
|
1.2
Membuka wawasan terhadap berbagai
peradaban dunia untuk memperkuat nilai keagamaan dan mendorong penghormatan
terhadap keragaman peradaban
|
2.
Menghayati dan mengamalkan perilaku
jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran,
damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian
dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
2.1 Mengembangkan kemampuan penyesuaian diri
terhadap perubahan sosial
2.2 Menunjukkan
rasa empati terhadap ketimpangan sosial di masyarakat sekitar dan mendorong partisipasi
dalam mengatasinya
|
3.
Memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa
ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik esuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
|
3.1 Menganalisis perubahan sosial dan akibat yang
ditimbulkannya dalam kehidupan masyarakat
3.2 Mendeskripsikan berbagai permasalahan
sosial yang disebabkan oleh perubahan sosial di tengah-tengah pengaruh
globalisasi
3.3 Menganalisis ketimpangan sosial sebagai
akibat dari perubahan sosial di tengah-tengah globalisasi
3.4 Menerapkan strategi pemberdayaan komunitas
dengan mengedepankan nilai-nilai kearifan lokal di tengah-tengah pengaruh
globalisasi
3.5 Mengevaluasi aksi pemberdayaan komunitas sebagai bentuk kemandirian dalam
menyikapi ketimpangan sosial
|
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji
dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan
|
4.1
Melakukan kajian, pengamatan dan
diskusi dalam perubahan sosial dan akibat yang ditimbulkannya
4.2
Melakukan kajian, pengamatan dan
diskusi tentang berbagai permasalahan sosial yang disebabkan oleh perubahan
sosial di tengah-tengah pengaruh globalisasi
4.3
Mengolah hasil kajian dan
pengamatan tentang ketimpangan sosial sebagai akibat dari perubahan sosial di
tengah-tengah globalisasi
4.4
Merancang, melaksanakan dan
melaporkan aksi pemberdayaan komunitas dengan mengedepankan nilai-nilai
kearifan lokal di tengah-tengah pengaruh globalisasi
4.5
Memaparkan inisiatif, usulan,
alternatif dan rekomendasi berdasarkan hasil evaluasi aksi pemberdayaan
komunitas
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar